Efek Baking Soda api saluran pipa mampet

  • Posted on: 2 April 2018
  • By: reno

Efek Baking Soda api

Bernama ilmiah Natrium Bikarbonat atau sodium hydrogen carbonate (IUPAC), senyawa ini memiliki formula kimia NaHCO3. Bahan ini biasa dipakai untuk membuat roti sebagai bahan yang mengembangkan roti. Bahan ini bereaksi dengan asam yang ada di dalam adonan dan bereaksi menghasilkan karbon dioksida. Bahan ini biasa digunakan pada panekuk, kue, gorengan dll. Terkadang bahan ini juga digunakan untuk mengusir kecoa. Jika kecoa mengonsumsi atau terkena bahan ini, maka akan terjadi reaksi dan membuat kecoa mengeluarkan busa dan mati. Bahkan baking soda api juga dapat digunakan untuk bahan campuran pada air kolam renang untuk menaikkan kadar alkalin dalam air. Bahan ini juga akan menaikkan PH dari air kolam renang. Bahkan baking soda dapat digunakan untuk menghilangkan bau pada sepatu.

 

Namun selain digunakan untuk memasak atau membuat kue, bahan ini juga digunakan untuk membersihkan saluran air. Bahan ini dikatakan bahwa bila dicampur dengan air panas akan dapat mengatasi sumbatan sabun atau rambut yang menyumbat saluran. Bahan ini diselesaikan dengan cuka setelah saluran kembali lancar.

 

Pada kenyataannya, baking soda adalah suatu bahan kimia yang bersifat basa lemah dan cuka adalah bahan kimia yang bersifat asam lemah. Reaksi terhadap sumbatan memiliki efek yang kecil, walaupun memang aman untuk manusia. Air panas pun juga dapat menyebabkan pipa mengalami kerusakan. Diperlukan bahan kimia yang lebih kuat untuk bereaksi dengan sumbatan yang ada di saluran namun hal tersebut berbahaya. Bahan-bahan yang kuat tersebut dapat juga bereaksi dengan saluran atau pipa pembuangan tersebut. Reaksi kimia soda api dari kedua bahan tersebut juga menghasilkan panas sehingga dapat melelehkan pipa.

 

Saat ini untuk mengatasi sumbatan yang ada di saluran pembuangan rumah, ada alat bernama drain cleaner. Alat ini sudah ada dalam bentuk alat manual dengan diputar oleh tangan, dengan mesin jet air, dengan mesin baik mesin elektrik maupun mesin dengan bensin. Salah satu produsen untuk alat-alat ini adalah RIDGID.

 

Alat-alat ini lebih praktis dan aman bila dibandingkan dengan bahan kimia apalagi menunjukkan hasil yang jelas. Alat ini bahkan dilengkapi dengan berbagai pilihan panjang kabel yang masuk ke saluran, pilihan diameter kabel, pilihan kepala kabel (auger) dsb. Alat ini dapat difungsikan dimana saja karena mesin ini dapat dipindah-pindah bahkan untuk pilihan tempat tanpa colokan listrik dapat menggunakan mesin dengan bahan bakar.